Kisah Manajer Sepak Bola

Inilah seorang sebagai seorang manajer sepakbola, bukan sebagai pemain, yang Herbert Chapman benar-benar akan menemukan panggilan sepakbola. Dia mulai sebagai pemain-manajer di Northampton Town, yang ia bergabung setelah meninggalkan Spurs. Bahkan sebagai pemain-manajer dampaknya langsung terasa karena ia menjadi mungkin manajer sepak bola pertama kalinya dalam cara kita memahami pekerjaan saat ini, lebih dari satu abad kemudian. Secara khusus, ia mungkin manajer pertama di Inggris, jika tidak dunia, yang benar-benar memperkenalkan konsep taktik untuk permainan.

Sebagai Chapman sendiri berulang kali mengatakan setelah itu, sebelum ia menjadi manajer sepakbola sebagian besar dimainkan spontan, dengan sedikit pemikiran diberikan kepada bentuk tim atau pembentukan, terutama ketika mereka tidak memiliki bola.

Dasar Dasar Teknik

Alih-alih bahwa pendekatan freewheeling, Chapman mulai menerapkan sepak bola beberapa dasar-dasar teknik struktural yang ia pelajari sebagai mahasiswa, khususnya menempatkan lebih banyak orang di lini tengah (sebuah konsep yang bahkan tidak benar-benar ada pada saat itu, sebagai pemain pada dasarnya dibagi menjadi baik punggung atau ke depan), yang keduanya ditopang tim defensif dan membebaskan lebih banyak ruang dalam serangan. Akhirnya, hasil pendekatan yang lebih bijaksana, dianggap dan taktis ini revolusioner.

Itu prestasi Chapman di Huddersfield yang pertama menarik minat Arsenal, yang telah memenangkan apa-apa dalam 40 tahun pertama keberadaan mereka, baik selatan atau utara Sungai Thames. Dia bergabung dengan the Gunners pada tahun 1925 dan pada awalnya, tampak bahwa dia telah membuat kesalahan besar, terutama ketika Huddersfield, di bawah kepemimpinan penggantinya Cecil Potter, membuat hat-trick gelar pada tahun 1926.

Memenangkan Trofi Pertama

Sekali lagi, perbandingan dapat dibuat dengan Sir Alex Ferguson. Sama seperti Ferguson awalnya berjuang di Manchester United ketika ia pindah dari Aberdeen pada tahun 1986, mengambil empat tahun untuk memenangkan trofi pertamanya (Piala FA pada tahun 1990), sehingga Chapman tidak menikmati kesuksesan di Arsenal. Namun, pada tahun 1930 Chapman Arsenal akhirnya memenangkan piala pertama mereka (yang pertama dalam sejarah klub), mengalahkan klub lamanya Huddersfield 2-0 di final Piala FA.

Yang terjadi selanjutnya adalah benar-benar bersejarah, membuat Arsenal dunia klub sepak bola terkenal di dunia pertama, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa bahkan saat ini masih ada bahkan mungkin lebih banyak klub di seluruh dunia, dari Argentina ke Ukraina, yang disebut ‘Arsenal’ dari ada ‘Reals ‘, meskipun dominasi awal real Madrid di Piala Eropa pada 1950-an.

Telah ada menjadi Piala Eropa pada 1930-an, sebagai Chapman sendiri penuh semangat melobi untuk (bersama dengan pengenalan lampu sorot untuk pertandingan malam-waktu dan inovasi benar-benar bersejarah lainnya), tim Arsenal hampir pasti akan menang, karena mereka nyaman dengan tim terbaik di Inggris pada tahun 1930-an, memenangkan lima gelar secara total dalam dekade itu, termasuk yang disebutkan di atas hat-trick gelar antara 1933 dan 1935.

Piala Dunia Klub

Seperti itu, Arsenal harus ‘menetap’ untuk memenangkan Piala Dunia Klub, karena mereka secara efektif melakukan (atau lebih tertua dan paling bermata satu fans mereka akan memberitahu Anda) di November 1934 ketika sebuah tim Inggris dengan tidak kurang dari tujuh pemain Arsenal di starting XI dan bermain di Highbury mengalahkan tim Italia yang memenangi Piala Dunia Klub yang sebenarnya di kandang hanya beberapa bulan sebelumnya.

Tragisnya, Herbert Chapman sendiri tidak hidup untuk melihat bahwa prestasi yang luar biasa dan benar-benar bersejarah, atau memang salah kemenangan lain Arsenal di paruh kedua dekade ini. Itu karena ia telah meninggal pada Januari 1934, hasil tertular pneumonia sambil menonton pertandingan ketiga tim Arsenal dalam hujan.

Seperti banyak mengatakan pada saat itu, dan seperti banyak lagi telah mengatakan sejak, itu adalah bukti Chapman pengabdian lengkap dan mengucapkan untuk sepak bola pada umumnya dan untuk Arsenal, klub yang ia berbalik dari juga-rans menjadi juara dunia maya, khususnya. Dan fakta bahwa ratusan ribu orang (tidak semua dari mereka fans Arsenal) berbaris di jalan-jalan London utara saat tubuhnya dibawa ke pemakaman adalah bukti kekaguman mereka dari manajer sepak bola pertama benar-benar hebat.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *